THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Wednesday 1 April 2015

Semarang Kota Teramah



SEMARANG, pesonanya membuat kita merasa ingin kembali lagi dan lagi. Tempat wisata yang tak bosan untuk dikunjungi, orang yang ramah dan murah senyum serta jalanan yang apik membuat daya tarik kota ini begitu kuat. Gue balik ke dunia perblog-an buat kasih lo referensi mengenai liburan gue ke Semarang kali ini. Gue ke Semarang bukan untuk yang pertama kali, tapi daya tariknya wow bikin gue mau balik lagi. Sebelum lo melakukan perjalanan, pastikan dulu lo tau apa tempat yang lo bakal
kunjungi, berapa tarif angkutan, bagaimana kultur/budayanya. Ok tanpa banyak cingcong gue bakal kasih lo rincian dari awal sampe akhir. But ini tentang one day trip dan liburan ala Traveler Ke.......re.


Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Buat lo yang mau jalan-jalan dengan biaya minimalis, cari tiket murah itu sangat dibutuhkan. Kali ini gue naik Kereta Api dan membeli 1 bulan sebelum perjalanan dengan harga pergi Rp 45.000 dan harga pulang Rp 50.000. kalo ga mau on the spot , lo bisa beli di Alfamart atau apapun yang menjual tiket ini. sesampainya di stasiun lo bisa cetak tiket mandiri dengan struk pembelian tiket yang tadi.

        


Buat Daftar Perjalanan

Lo harus tau tempat apa yang mau lo kunjungi dan lo juga harus tau seberapa jauh perjalanan itu. Saran gue, lo bikin list dari tempat terdekat sampai terjauh. Jangan lupakan juga biaya perjalanan. Kalo ribet, lo bisa gunakan Google maps untuk liat rute perjalanan. Sayang kan kalo handphone canggih ga digunakan semaksimal mungkin, masa iya cuma ngedit poto doang.

                                           

tempat yang gue kunjungi:
- Masjid Agung Kota Semarang
- Pasar Johar
- Lawang Sewu tiket masuk Rp 10.000
- Tugu Muda
- Simpang Lima
- Pagoda Avalokitesvara
- Kota Lama

Dari Stasiun Semarang Poncol naik angkutan arah Lawang Sewu Rp 5000, dan akan melewati Masjid Agung Kota Semarang tapi karena rame dan pakaian yang digunakan ga memungkinkan masuk ke Masjid akhirnya cuma bisa melihat aja. Setelah itu ke pasar Johar. Pasar yang terkenal dengan barangnya yang murah menarik perhatian untuk disambangi.


jalanan kota semarang, iseng foto dari angkot

Sampai di Lawang Sewu bayar tiket masuk Rp 10000, lo bisa memasuki ruang bawah tanah dengan biaya tambahan Rp 30000, tapi karena waktu gue dateng lagi renovasi, maka kegiatan itu mustahil dilakukan.


Berjalan sedikit lo bakal temui Tugu muda, kalo dari google  maps sekitar 3 menit kalo jalan kaki. Selepas itu lo bisa jalan sekitar beberapa menit ke arah simpang lima, tempat lo bisa beli oleh-oleh, disini cukup murah, Gue cukup puas dengan oleh-oleh yang gue beli dan tentunya dengan harga yang terjangkau cuma Rp66.000 aja udah dapat getuk 2, kemplang2, mochi dengan taburan wijen1, manisan 1, dan brem 1.


Abis dari simpang lima, lo bisa naik bis lalu angkot buat ke Pagoda, ongkosnya cuma Rp 5000 + Rp 3000. Sesampainya lo di pagoda, lo ga perlu tuh bayar tiket masuk, FYI untuk yang bawa motor mungkin Rp 2000 untuk biaya parkir.

     


Di Pagoda ini bukan cuma ada pagodanya aja tapi ada spot yang bagus juga. Ada patung Dewi Kwan Im juga, dan lain-lain.




Setelah puas, lo bisa lanjutin perjalanan ke Kota Lama. Dari Pagoda lo bisa naik bis dari Ambarawa dengan biaya 5000 aja.  Disini lo bakal nemui gereja yang kece banget strukur bangunannya mirip di eropa. Dan lo juga bakal nemui pemandangan yang bikin mata dan hati sakit, ya apalagi kalo ga muda-mudi yang pacaran sambil menikmati makanan jalanan di sekitar gereja.  Tempat ini bukan cuma terkenal gerejanya aja, tapi bangunan tua lainnya.


       

Setelah puas keliling kota Semarang, gue balik ke Stasiun Semarang Poncol dengan menggunakan becak. Dan itu cuma Rp 10000 aja. Seharian di semarang bikin lapeeeeerrrr, lo bisa ngisi perut di tempat makan sekitaran stasiun. Dengan menu nasi, telur, sayur dan air putih bisa didapetin dengan harga Rp 7000. Karna gue makan siang dan malam ya berarti Rp 14.000.

Inilah contoh rute perjalanan gue, dan lo harus bikin ini serinci mungkin. Jangan sampai pengeluaran lo membengkak ya karena jalan ga sesuai aturan.



Berbaur

Berbaur dengan orang sekitar, pergunakan mulut untuk tersenyum dan bertanya. Apalgi lo orang baru, sekalipun ada bantuan map, lo tetap butuh penduduk asli untuk menuntun perjalanan lo. Jangan jutek-jutek yaaaa. *keep smile :)


Tau Musim

Indonesia cuma punya dua musim, hujan dan panas. Saat lo pergi lo harus tau itu lagi musim apa. But apapun musimnya tetap bawa baju hangat ya untuk menemani malam-malam yang dingin haseeekk. Dan buat jaga-jaga bawa mantel karena ribet kalo pake payung.


OK, sekarang waktunya akumulasi berapa duit yang gue habisin.

1. Dari Kampus Untirta ke stasiun Serang Rp 4000
2. Dari Stasiun Serang ke Duri Rp 5000
3. Dari Duri ke UKI naik busway Rp 3500 (nginep semalam)
4, Dari UKI ke Kp. Melayu Rp 4500
5. Dari Kp Melayu ke Stasiun Senen Rp 5000
6. Dari Senen ke Semarang Poncol Rp 45000
7. Dari Stasiun Semarang Poncol ke Lawang Sewu Rp 5000
8. Tiket masuk Lawang Sewu Rp 10000
9. Oleh-oleh di Simpang Lima Rp 66.000
10. Dari Simpang Lima ke Pagoda Rp 8000
11. Dari Pagoda ke Kota Lama Rp 5000
12. Dari Kota Lama ke Stasiun Rp 10000
13. Makan 2 kali Rp 14.000
14. Dari Semarang Poncol ke Senen Rp 50.000
15. Dari Senen ke Kali Deres naik busway Rp 3500
16. Dari Kali deres ke Serang 10000

dan TOTALNYA Rp 248.500 udah bisa ke Semarang dan balik Ke Serang. murah bukan? FYI kalo kira-kira bisa ditempuh dengan jalan kaki, ga usah naik kendaraan yah, lumayan buat oleh-oleh. nah inilah gaya jalan-jalan gue. Gimana sama lo??

0 comments:

Yoolasch

Followers